logo patual

banner1

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

PROGRAM PRIORITAS

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 8 (Delapan) program prioritas Tahun 2022
PROGRAM PRIORITAS

MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Motto Pengadilan Agama Tual "M A N T A P P"..
MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

on . Hits: 1043

Menanti Seorang Pemimpin Antara Asa dan Rasa.
(Nur Rahman Sukiman, SH)


 

PA Tual - Sejak kepindahan Drs. H. Tamat Zaifuddin pada awal Januari 2014 kemarin ke PA Klas IA Tulung Agung, hingga kini belum ada pengganti ketua PA Tual. Jabatan Ketua PA Tual masih kosong atau belum terisi, sehingga untuk sementara tugas dan tanggung jawab ketua PA Tual di ambil alih Wakil Ketua PA Tual, Drs. H. Hamin Latukau. Meski terjadi kekosongan jabatan ketua, PA Tual tidak kehilangan arah dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat. Pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa dengan tetap berpedoman kepada SOP (Standart Operasional Proccedure) yang telah ada.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah lembaga/instansi negara tanpa adanya seorang pemimpin dapat menimbulkan sedikit masalah yang bersifat administratif maupun non administratif. Betapa pentingnya eksistensi pemimpin dalam memimpin suatu lembaga/ instansi akan memberikan iklim kerja yang lebih kondusif. Manajemen administratif maupun non administratif akan berjalan efektif bila ada kontrol dari pimpinan tertinggi dalam suatu manajemen perkantoran modern.

Kartini Kartono dalam bukunya “Pemimpin dan Kepemimpinan” menjelaskan bahwa dalam kompleksitas masyarakat, manusia harus hidup bersama dan bekerja sama dalam suasana yang tertib dan terbimbing oleh seorang pemimpin dan tidak hidup menyendiri. Kartini menambahkan, demi efesiensi kerja dalam upaya mencapai tujuan bersama dan untuk mempertahankan hidup bersama, diperlukan kerja kooperatif yang perlu di pandu oleh pemimpin. Selain ketertiban, yang perlu kita perhatikan adalah panutan, karena suatu komunitas memerlukan panutan, yakni sosok yang dianut dianggap mampu mengayomi dan melindungi mereka serta bisa diandalkan untuk berdiplomasi dengan komunitas lain.

Sementara itu, dalam Islam pun telah menjelaskan akan pentingnya seorang pemimpin. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Rasulullah bersabda: Apabila ada tiga orang pergi dalam suatu perjalanan, maka mereka harus mengangkat salah satunya sebagai pemimpin. Dari hadits ini dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin sangatlah penting didalam sebuah kelompok/instansi/lembaga, agar dapat menentukan dan mengatur tujuan yang hendak dicapai dengan baik.

Betapa urgensinya suatu kepemimpinan dalam Islam, ada sebuah riwayat yang menjelaskan bahwa ketika Rasulullah SAW wafat, para sahabat tidak memakamkan Rasulullah SAW sebelum ada pemimpin yang menggantikan beliau, padahal mengubur mayat hukumnya wajib, tetapi karena belum ada pemimpin yang menggantikan Rasulullah, maka para sahabat belum memakamkannya.  Setelah melalui musyawarah tiga hari lamanya terpilihlah Abu Bakar Ash-shiddiq RA sebagai Khalifah. Setelah Abu Bakar Ash-shiddiq RA ditetapkan sebagai Khalifah baru Rasulullah dimakamkan oleh para sahabat yakni pada hari Rabu. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya pemimpin dalam Islam.

Pentingnya keberadaan seorang ketua untuk memimpin PA Tual telah menjadi kesadaran semua pegawai PA Tual demi efektifitas manajemen perkantoran peradilan agama dalam rangka menciptakan badan peradilan yang agung. Peranan ketua sangat penting karena memiliki power untuk melakukan manajemen Pengadilan Agama Tual yang lebih signifikan dan terstruktur/sistematis.

Kendati PA Tual belum memiliki ketua pengganti sebagai pemimpin tertinggi, semangat kerja dan soliditas antar pegawai tetap tercermin dan terjaga di dalam nuansa kerja sehari-hari, demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Semangat reformasi birokrasi akan terus digalakan oleh segenap pegawai PA Tual dalam mempertahankan predikat WTP. Akan tetapi, pengganti ketua selalu dinanti untuk memimpin PA Tual kedepan menjadi lebih baik lagi. (Nurrahman Sukiman/Tim TI).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp.  : (0916) 23572

Fax    : (0916) 23572

Email : pa.tualmaluku

          @gmail.com

 Facebook Instagram Youtube

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © AT 2021