logo patual

banner1

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

PROGRAM PRIORITAS

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 8 (Delapan) program prioritas Tahun 2022
PROGRAM PRIORITAS

MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Motto Pengadilan Agama Tual "M A N T A P P"..
MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

on . Hits: 1231

MEMPERTAHANKAN PREDIKAT WAJAR TANPA PENGECUALIAN


 

 

sosialisasi tentang Pembinaan Sekretaris Mahkamah Agung RI dan Rapat Kerja Daerah sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Ambon yang dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 22 oktober 2013 bertempat di Aston Hotel, pantai Natsepa Ambon yang dihadiri oleh Sembilan pejabat teras Mahkamah Agung diantaranya, Sekretaris Mahkamah Agung,  empat Dirjen pada empat lingkungan  peradilan  dan pejabat teras lainya.

yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Tual, bapak Drs. H. Tamat Zaifudin, MH di ruang sidang utama kantor Pengadilan Agama Tual, bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2013 menambah kesan dan semangat tersendiri untuk keluarga besar Pengadilan Agama Tual. Terutama untuk membakar semangat nasionalisme kaum muda, guna mewujudkan visi Pengadilan Agama Tual yang Agung. Beliau memaparkan tentang perjuangan Mahkamah Agung  untuk mendapatkan opini Wajar tanpa pengecualian dari BPK.

 

Kondisi Mahkmah Agung Sejak tahun 2006, 2007, 2008 dan tahun 2009 Mahkamah Agung mendapat opini Disclimer, penyajian laporan keuangan MA pada tahun tersebut, tidak mendapat renspon apapun dari BPK, lembaga tertinggi Negara ini enggan memberikan komentarnya terhadap laporan Keuangan MA. Lalu kemudian pada tahun 2010 MA mendapat Opini WDP namun masih dalam kondisi ICU, kemudian pada tahun 2011 terdapat peningkatan prestasi dengan mendapat opini WDP dengan nilai tertinggi. Berbagai upaya dan kerja kerja dilakukan untuk menyajikan laporan kuangan yang berkualitas, dan alhasil pada pada tahun 2013 torehan sejarah baru untuk MA  selama dekade tujuh tahun perjungan yang berbuah manis dengan  mendapat opini wajar tanpa pengecualian.

Peningkatan mutu laporan keuangan MA direalisasikan dengan dirilisnya aplikasi Komunikasi Data Nasional yang disingkat KOMDANAS, aplikasi yang berbasis online ini memuat tentang data keuangan, Umum dan kepegawaian, untuk seluruh satker yang berada di bawah MA. Sistem ini mendapat pengawasan oleh Pejabat eselon satu dan pengadilan tinggi selaku koordinator wilayah. Penggunaan teknologi informasi yang diterapkan dalam bentuk aplikasi KOMDANAS ini diyakini akan mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas seluruh satuan kerja di lingkungan Mahkamah Agung. Administrasi dan pembukuan aset dan transaksi keuangan yang sebelumnya disusun secara manual. saat ini laporan keungan lopran Aset Barang Milik Negara serta absensi Reminurasi disajikan dalam aplikasi ini sehingga minimalisir kesalahan.  Sementara untuk informasi perkara mengunakan aplikasi SIADPA yang juga berbasis online.

Saat ini Pengadilan Agama Tual berbenah dengan mengerakan sumber daya manusia yang dimiliki memamfaatkan aset yang ada, ditengah keterbatasan dana tidak mengahalangi nawaitu untuk tetap mempertahakan WTP dengan meningkatan mutu pelayanan publik. Bercermin dari Pengadilan Negeri klaten, Pengadilan Agama tual bertekad untuk mewujudkan sistem informasi yang perkara yang terintegrasi seprti Deskonfo, SMS informasi perkara serta papan informasi digital. efesiensi pengunaan anggaran lebih hemat bila dibandingkan dengan papan informasi manual. Kita semua berharap semoga apa yang menjadi program kerja dapat berjalan dengan baik, sehingga kedepanya Mahkamah Agung terutama Pengadilan Agama tual, menjadi satker percontohan. (ethok)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp.  : (0916) 23572

Fax    : (0916) 23572

Email : pa.tualmaluku

          @gmail.com

 Facebook Instagram Youtube

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © AT 2021