logo patual

banner1

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

PROGRAM PRIORITAS

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 8 (Delapan) program prioritas Tahun 2022
PROGRAM PRIORITAS

MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Motto Pengadilan Agama Tual "M A N T A P P"..
MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

on . Hits: 1315

GANGGUAN JARINGAN “MUSUH UTAMA” TIM TI PA TUAL


 

Dewasa ini, Kinerja Peradilan Agama tidak lepas dari dunia Teknogi Informasi di segala divisi, baik kesekretariatan dengan Simpeg Online, Komdanas, Website maupun kepaniteraan dengan Siadpa Plus dan Info Perkara Badilag.

 

Untuk menjaga agar Implementasi berbagai aplikasi ini dapat diterapkan dengan baik maka perlu adanya pengawasan dan evaluasi secara berkala dari Ketua Pengadilan Agama selaku Penanggung Jawab dalam Tim TI. Selasa (23/04/2013), rapat evaluasi tahap dua Tim TI PA Tual dilaksanakan diruang KPA Tual, dihadiri oleh semua personil yang tergabung dalam Tim TI PA Tual.

Dari forum ini ditemukan bahwa gangguan jaringan internet sebagai “Primary Enemy” (musuh utama) yang menghambat proses penerapan dan kinerja setiap divisi berbasis TI di PA Tual.  Untuk SDM, tidak ada masalah dari divisi kami dalam mengupload data pegawai dalam Simkep/Simpeg On Line, hanya saja yang paling mengganggu kerja kami adalah saat jaringan internet bermasalah dan tidak terkoneksi, ungkap Kaur Kepegawaian M. Ali Hanafi Lakesmas, SH.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh operator Website PA Tual Hendra Cipta, A. Md yang sangat dipusingkan dengan sering terjadinya gangguan jaringan internet. Banyak sekali konten-konten yang harus dilengkapi dalam website sesuai dengan standarisasi yang ditentukan oleh Badilag. Apalagi pendaftaran online wajib dimiliki oleh setiap PA, ini menjadi tanggung jawab saya selaku operator. masalah paling fatal hanyalah saat jaringan internet bermasalah dalam dua sampai tiga hari setiap minggu yang berakibat pekerjaan saya lumpuh total.

Implementasi SIADPA sudah berjalan sesuai target, dimana Petugas Meja I sampai Hakim telah menerapkan SIADPA dalam tugas pokok mereka, tutur Admin SIADPA Rusman, S. SEI. Kendala terbesar kami hanyalah saat harus mengupload data dalam info perkara badilag.net tetapi jaringan internet bermasalah yang mengakibatkan data perkara PA Tual tidak valid dan berwarna merah. Kevalidan ini dapat kami perbaharui saat jaringan normal kembali, hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan kami karena bisa saja kami dianggap lalai dalam mengupload data padahal gangguan jaringan yang jadi pelaku utama.

Untuk menyiasati keadaan ini, baik Operator Website maupun Admin SIADPA sering menggunakan waktu libur mereka di hari sabtu dan minggu untuk kerja lembur jika jaringan normal kembali agar pekerjaan mereka dapat terselesaikan tepat waktu.

Solusi yang dicapai dalam forum ini untuk mengatasi persoalan tersebut adalah sering berkoordinasi dengan layanan internet servis jika terjadi gangguan jaringan sehingga hal tersebut tidak terjadi dalam waktu lama. Apapun situasinya Tim TI PA Tual harus dapat bekerja dengan lebih baik, lebih cerdas dan lebih ikhlas agar setiap program yang diusung Mahkamah Agung-RI dapat kita realisasikan, ucap KPA Tual menutup rapat yang berlangsung sekitar tiga jam tersebut. (Rosita Pelu/Tim TI)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp.  : (0916) 23572

Fax    : (0916) 23572

Email : pa.tualmaluku

          @gmail.com

 Facebook Instagram Youtube

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © AT 2021